Peduga Memberikan Penyuluhan Hipertensi Di Balai Desa Caturtunggal

Depok (25/06/2019) bertempat di pendopo Puspadenta kantor desa Caturtunggal, telah diadakan penyuluhan kesehatan dalam rangka kegiatan pelaksanaan pembangunan desa di bidang kesehatan. Hadir pada kegiatan ini adalah kasi pelayanan, kader, dan masyarakat di desa Caturtunggal. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari yaitu dari tanggal 25-26 Juni 2019.  Dalam kegiatan ini , yang menjadi narasumber adalah dr. Syarifah Nur Cahyani dan Elly Ervinawati, S.PSi., M.Psi, Psikolog dengan materi penyakit hipertensi dan kelola hipertensi.

Kirwanto Kasi Pelayanan desa Caturtunggal dalam sambutannya, kegiatan pelaksanaan pembangunan desa ini merupakan kegiatan yang bekerjasama dengan Puskesmas Depok III yang  menggunakan dana desa Caturtunggal di bidang kesehatan. Lanjut Kirwanto, dalam penyuluhan ini mengambil tema hipertensi karena hipertensi merupakan penyakit tidak menular yang banyak di derita oleh masyarakat.

Syarifah Nur Cahyani dalam penyuluhannya, penyakit hipertensi merupakan penyakit tidak menular yang memiliki tekanan darah diastole >140 mmHg dan systole >90 mmHg. Penyakit ini merupakan masuk dalam 10 besar penyakit di Puskesmas Depok III. Lanjut dr. Ifah, penyakit hipertensi dapat di cegah dengan memperbaiki pola hidup sehat yaitu dengan mematuhi “PATUH” Periksa kesehatan secara rutin, Atasi penyakit dengan pengobatan yang tepat dan teratur, Tetap diet dengan gizi seimbang, Upayakan aktifitas fisik yang aman, Hindari asap rokok, alcohol, dan zat pemicu kanker lainnya. Beliau menambahkan, seseorang yang terkena penyakit hipertensi harus mengkonsumsi obat hipertensi secara rutin dan mengontrolkan secara rutin setiap bulannya. Tujuan meminum obat secara rutin adalah untuk mengontrol tekanan darah agar tekanan darah selalu terkontrol.

Seiring dengan penyuluhan dr. Ifah, Elly Ervinawati psikologi Puskesmas Depok III dalam penyuluhannya, penyakit hipertensi juga bisa di cegah dengan A, B, C, D, E yaitu Aktifitas dan olahraga 30 menit/hari, Berat badan ideal sesuai BMI, Cek tekanan darah secara rutin, Diet sehat, Enyahkan stress dengan berfikir positif. Penyakit hipertensi juga dapat di cegah dengan menstabilkan emosi dengan cara tidak stress yang berlebihan dan berlatih olah nafas untuk mengurangi ketegangan di tubuh dan membuat badan merasa relax. Dalam closing statementnya, Elly mengajak seluruh audience untuk menerapkan pola hidup yang sehat karena sehat adalah keren.

Mari cegah penyakit hipertensi dengan gerakan PATUH dan A, B, C, D, E untuk masyarakat lebih sehat terhindar dari penyakit tidak menular serta menerapkan pola hidup yang lebih sehat. AS

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *