Rakor KB Kesehatan, Syawalan, dan Penyuluhan Napza di Desa Caturtunggal

Depok (27/06/2019) bertempat di pendopo Puspadenta balai desa caturtunggal, telah dilaksanakan rakor KB kesehatan desa Caturtunggal. Hadir pada rakor KB kesehatan adalah ketua TP-PKK desa Caturtunggal, Kasi Pelayanan desa Caturtunggal, kader kesehatan desa Caturtunggal, dan beberapa pegawai Puskesmas Depok III.

Kasi Pelayanan desa Caturtunggal Kirwanto dalam sambutannya, pelaksanaan rakor KB kesehatan bulan ini sekaligus dengan syawalan. Rakor KB kesehatan ini berbarengan dengan kegiatan penyuluhan kesehatan dengan narasumber bapak Eko Prasetyo atau lebih di kenal dengan sapaannya bro Eko. Bro Eko merupakan mantan pecandu narkoba yang saat ini sudah hijrah ke jalan yang benar dan telah memberikan motivasi-motivasi kepada pecandu narkoba lainnya. Lanjut Kirwanto, dengan adanya penyuluhan ini pemerintah desa Caturtunggal berharap kepada kader kesehatan dapat memberikan sosialisasi kepada warganya. Diambil materi tentang napza karena narkoba sangat berbahaya dan narkoba sangat jahat. Peredaran narkoba saat ini sudah bukan di kalangan masyarakat namun sudah merembak ke anak-anak.

Sejalan dengan sambutannya Kirawanto, ketua TP-PKK desa Caturtunggal Tyas Kumalaratna lanjutnya, narkoba saat ini incarannya adalah anak-anak pelajar atau ke masyawarakt awam, maka dari itu dengan adanya penyuluhan ini dapat mensosialisasikan kepada masyarakat khusunya kepada generasi pemuda.

Bro Eko dalam penyuluhannya, beliau telah menunggu-nunggu penyuluhan ini sejak tahun 2004 karena Depok merupakan pusat incaran dalam peredaran narkoba. Sepengetahuan bro Eko, beliau telah mengetahui tempat-tempat peredaran narkoba di desa Caturtunggal. Maka dari itu sangat tepat apabila penyuluhan ini di adakan di desa Caturtunggal. Bro Eko memiliki harapan yang besar seperti Kirwanto dan Tyas yaitu kader kesehatan desa Caturtunggal dapat memberikan sosialisasi kepada warganya. Dalam penyuluhannya, bro Eko menjelaskan tentang dirinya sendiri bahwasannya beliau merupakan mantan pecandu narkoba dan telah memeriksakan dirinya ke beberapa Negara dan telah merasakan puluhan tahun di lapas . Dalam penyuluhannya, bro Eko menjelaskan tentang pengertian narkoba, ciri-ciri pengguna, bahaya penggunaan narkoba, golongan narkoba, tips untuk menjauhi narkoba.

Lanjut  bro Eko dalam closingnya, beliau mengajak seluruh audience untuk bersama-sama ikut memberantas narkoba dengan cara mengetahui gejala penggunanya, ikut  mensosialisasikan bahaya narkoba di masyarakat, dan memberikan edukasi tentang bahaya narkoba kepada putra putrinya. AS

Sehat tanpa narkoba adalah keren!.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *