Kelompok “Prolanis Lansia Sehat Pudega” Mengikuti Senam Lansia

Dalam rangka meningkatkan kesehatan para lanjut usia yang tergabung dalam kelompok “Prolanis Lansia Sehat Pudega”, Puskesmas Depok 3 mengadakan kegiatan senam lansia secara rutin yang dilaksanakan sebulan sekali. Senam lansia bertujuan dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan diabetes serta yang paling penting dapat meningkatkan suasana hati lansia.

Senam lansia merupakan olahraga yang cocok bagi lansia karena gerakan di dalamnya menghindari gerakan loncat-loncat, melompat, menyentak-nyentak namun masih dapat memacu kerja jantung-paru dengan intensitas ringan-sedang, bersifat menyeluruh dengan gerakan yang melibatkan sebagian besar otot tubuh. Gerakan senam lansia mengandung gerakan-gerakan yang diharapkan dapat meningkatkan komponen kebugaran, kekuatan dan ketahanan otot, kelenturan.

Lansia juga bisa menggabungkan aktivitas fisik intensitas sedang dan berat dalam seminggu. Misalnya, dua hari olahraga intensitas sedang seperti jalan kaki 30 menit dan ditambah satu hari selama 30 menit jalan cepat. Meski begitu, lansia harus tetap bisa mengukur kemampuan tubuhnya saat berolahraga. Jika masih ragu, dapat di konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui batasan-batasan yang aman bagi diri sendiri. Terlebih jika memiliki kondisi atau penyakit tertentu. AS

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *