Syawalan Keluarga Besar Prolanis Puskesmas Depok 3

Depok (30/06/2019) bertempat di ruang tunggu Puskesmas Depok 3 telah di selenggarakan syawalan keluarga besar Prolanis Puskesmas Depok 3. Hadir pada acara tersebut adalah kepala sub bagian tata usaha Puskesmas Depok 3, karyawan Puskesmas Depok 3 dan seluruh keluarga besar Puskesmas Depok 3. Kegiatan syawalan prolanis yaitu ikrar syawalan yang di bawakan oleh salah satu peserta prolanis dan di ikuti seluruh tamu undangan, hikmah syawalan, pembagian dorprice dan pamitan petugas tenaga kesehatan haji daerah (TKHD).

Sri Soehartati, S.IP kepala Sub Bagian Tata Usaha dalam sambutannya, prolanis Puskesmas Depok 3 telah berdiri 4 tahun lamanya dan sudah menyelanggarakan kegiatan syawalan sebanyak 3 kali. Banyak hambatan di awal-awal pelaksanaan prolanis yaitu dari sisi tenaga, alat, dan peserta prolanis. Tatik sapaannya dalam sehari-hari menambahkan, beliau berpesan kepada seluruh keluarga besar prolanis Puskesmas Depok 3 untuk selalu mengontrolkan secara rutin sesuai dengan jadwal yang sudah di tetapkan. Selain mengontrolkan secara rutin, Tatik berpesan agar selalu berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan sehari-hari dan selalu melakukan kegiatan aktifitas fisik seperti mengikuti kegiatan senam yang di laksanakan setiap sebulan sekali di puskesmas. Selain aktifitas fisik, Tatik menambahkan untuk selalu mengikuti kegiatan kemasyarakatan seperti pertemuan RT, pengajian, dan lain-lain agar lebih banyak saudara dan mempererat silaturahmi.

Ust Didit Purwantoro dalam isian hikmah syawalan memaparkan, salah satu tradisi khas warga muslim di Indonesia dalam menyambut Idul Fitri adalah Halal bi halal atau syawalan. Suatu kebiasaan yang hanya ada di tanah air kita ini sebagai ungkapan untuk saling memaafkan atas kesalahan dan kehilafan yang dilakukan. Halal bi Halal atau syawalan merupakan salah satu kegiatan untuk menyambung silaturahmi antar sesama muslim maupun non muslim dan menjaga keharmonisan agar jalinan silaturahmi tidak terputus, imbuhnya. Ust Didit menambahkan lagi, dengan adanya jalinan silaturahmi ini tetap terjalin dapat memanjangkan umur dan ada hikmah yang dapat di ambil dalam syawalan yaitu sebagai pembersih dari segala kesalahan, membersihkan hati dari rasa benci kepada sesama, dan memupuk rasa kepedualian serta kebersamaan.

Prolanis Puskesmas Depok 3 yang telah berdiri 4 tahun lamanya, saat ini telah memiliki 100an peserta prolanis yang terdiri dari prolanis hipertensi dan prolanis DM dan telah bergabung dalam klub  “Prolanis Lansia Sehat Pudega”. Kegiatan prolanis di Puskesmas Depok 3 adalah pemeriksaan umum yang di lakukan sebulan sekali di hari rabu sesuai dengan kelompoknya masing-masing, pemeriksaan laboratorium untuk peserta prolanis DM setelah dilakukan pemeriksaan, senam lansia yang dilakukan sebulan sekali, refresing prolanis yang dilakukan setahun sekali dan syawalan.

Prolanis Pudega

Sehat, Semangat, Produktif, Yess!!!!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *