Puskesmas Depok Mengadakan Kemah SBH

Depok (2/9/2019), telah dilaksanakan kegiatan Saka Bakti Husada (SBH) pada hari Sabtu-Minggu, 31 Agustus-1 September 2019 di bumi perkemahan Tunas Wiguna Babarsari. Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk calon anggota SBH dan mewujudkan kader pembangunan di bidang kesehatan, yang dapat membantu melembagakan norma hidup sehat bagi semua anggota Gerakan Pramuka dan masyarakat di lingkunganya. Kegiatan ini di inisiasi dari Puskesmas Depok 1, 2 dan 3 dan bekerja sama dengan kwartir ranting Depok.

Kegiatan ini di awali dengan upacara pembukaan. Wakhid Busroni, S.IP., MM sekertaris Camat Depok dalam amanatnya, memberikan apresisi kepada Puskesmas Depok 1, 2 dan 3 yang telah mengadakan kemah SBH. Kegaiatan ini sangat bagus untuk anggota pramuka karena dapat membangun karakter para anggota SBH, imbuhnya. Lanjut Wakhid, kegiatan seperti ini jangan di sia-siakan karena para anggota pramuka mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan nantinya anggota pramuka dapat membantu memecahkan permasalahan di kecamatan Depok.

Acara kemah SBH diisi dengan materi sesuai dengan permasalahan di kecamatan Depok yaitu surveilan Pencegahan TBC dan Stunting  serta materi dasar Saka Bakti Husada. Harapannya, para calon SBH dapat membantu puskesmas untuk menuntaskan permasalahan kesehatan di kecamatan Depok.

Kemah hari pertama di akhiri dengan kegiatan makrab yang diisi tentang tantingan  yang bertujuan untuk mencari calon SBH dan menanyakan keanggupannya menjadi anggota SBH.

Sejumlah 11 anggota pramuka telah dilantik menjadi anggota SBH dan di sematkan bedge SBH pada hari ke dua kemah SBH. Harapannya setelah di lantik, anggota SBH tetap berkomitmen dengan bedge yang di sematkan dan  dapat membantu menuntaskan permasalahan kesehatan di kecamatan Depok.

Seluruh peserta SBH di berikan kegiatan fun game setelah olah raga. Fun game ini diisi tentang pengenalan krida-krida di SBH yang terdiri dari krida bina obat, krida pengendalian penyakit, krida PHBS, krida bina kesehatan lingkungan dan krida bina gizi. Seluruh peserta SBH, melakukan simulasi dan praktek di setiap-setiap pos.

Kemah SBH di tutup oleh MM. Suyatini dari Kwaran Depok. Dalam amanatnya, beliau memberikan apresiasi dan berterimakasih kepada Puskesmas Depok yang telah peduli tentang pramuka khususnya SBH. Lanjut dalam amantnya, beliau berharap bahwa para peserta kemah agar dapat membawa bekal dari materi yang telah didapatkan serta dapat ikut serta mewujudkannya dalam masyarakat. Penutupan kemah SBH di akhiri dengan pelepasan tanda peserta serta menyematkan tanda calon SBH. (AS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *