Deklarasi Peduli TB, Kecamatan Depok Siap Mendukung Eliminasi TB Tahun 2030

Depok (04/09/19) Bertempat di gedung Sasana Anglocitatama komplek kantor kecamatan Depok, Puskesmas Depok 1, 2  dan 3 bekerja sama dengan pemerintah kecamatan Depok menginisiasi kegiatan deklarasi peduli TB pada Sabtu (31/08/2019). Hadir pada kegiatan deklarasi tersebut adalah Camat Depok, muspika se kecamatan Depok dan kader se kecamatan Depok. Tujuan diadakan deklarasi TB ini adalah memberikan kepedulian terhadap penderita TBC dan mendukung eliminasi TB 2030.

Dulzaini, S.Kep Kasi P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman dalam sambutannya, deklarasi ini merupakan memontem yang penting karena mengingat banyaknya kasus TBC di kabupaten Sleman khususnya di kecamatan Depok. Lanjut Dulzaini, dinas kesehatan kabupaten Sleman telah memiliki program inovasi untuk menuntaskan permasalahan penyakit TBC yaitu PERJAKA 2 M yang artinya Perangi Gejala Batuk Kurang Lebih 2 Minggu. Harapannya dengan adanya program inovasi ini adalah dapat menjaring suspek TBC saat pertemuan-pertemuan maupun di masyarakat.

Toto Suharto, S.KM., M.Kes dalam paparannya, mengingat banyaknya kasus TBC di kecamatan Depok, Puskesmas Depok 1, 2 dan 3 telah memiliki program yaitu Siring Tabis Semu Desma (ST2 DESMA) untuk desa Maguwoharjo, TOEL 3 CC untuk desa Condongcatur dan TOP 4 T untuk desa Caturtunggal. Lanjut Toto, kecamatan Depok merupakan kecamatan dengan padat penduduknya sehingga masih sangat banyak ditemukan kasus TBC. Hal ini perlu adanya dukungan dari berbagai pihak seperti lintas sektoral, kader, dukuh, tokoh masyarakat dan organisasi masyarakat lainnya.

Abu Bakar, S.Sos., M.Si Camat Depok dalam sambutannya, deklarasi seperi ini sangat sangat bermanfaat karena mengingat kecamatan Depok merupakan kecamatan yang padat penduduk dan memiliki jumlah penduduk dengan mobilitas tinggi. Lanjut Abu Bakar, deklarasi ini merupakan bentuk kepedulian masyarakat kecamatan Depok terhadab penderita TBC sehingga harapannya tidak ada diskriminasi untuk penderita TBC.

Acara deklarasi peduli TB di tutup dengan pembacaan deklarasi peduli TB dan di ikuti semua audience serta di lanjutkan senam TOSS TB. (AS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *