Peringatan Hari Cuci Tangan se Dunia di Kecamatan Depok

Depok, 16/10/2019 Puskesmas Depok 1, 2 dan 3 bekerja sama dengan IGTKI kecamatan Depok memperingati Hari Cuci Tangan Se Dunia. Hadir pada kegiatan tersebut adalah Wakil Bupati Sleman,  forkompim kecamatan Depok, Kepala Puskesms Depok I, 2 dan 3, guru serta ratusan siswa-siswi TK se kecamatan Depok.

Toto Suharto, S.KM., M.Kes selaku kepala Puskesmas Depok III dalam sambutannya, kegiatan hari cuci tangan se dunia diperingati sebagai upaya penanggunalangan penyakit yang disebabkan dari bakteri seperti diare. Kegiatan seperti ini dapat di tindaklanjuti di rumah masing-masing maupun di sekolah. Lanjut Toto dalam sambutannya, ada 5 waktu penting   dalam mencuci tangan yaitu sebelum dan setelah makan, setelah BAB,  sebelum memegang bayi dan balita, sebelum mensajikan makanan dan setelah bermain.

Abu Bakar, S.Sos., M.Si selaku camat Depok dalam sambutannya, hari cuci tangan se Dunia di kecamatan Depok mengusung tema yaitu “Anak Sehat Dimulai dari Tangan Yang Bersih” yang bertujuan untuk mengajak dan memberikan contoh kepada semua anak-anak TK di kecamatan Depok untuk berperilaku hidup bersih dan  sehat yaitu dengan melaksanakan mencuci tangan dengan menggunakan air mengalir dan sabun. Beliau berharap dengan adanya hari cuci tangan se Dunia ini anak-anak di kecamatan Depok dapat mempraktekkan sehari-hari dan  terhindar dari penyakit yang di sebabkan oleh bakteri.

Dra. Hj. Sri Muslimatun, M.Kes wakil bupati Sleman dalam sambutannya, memberikan apresisi kepada pemerintah kecamatan Depok yang sudah memperingati hari cuci tangan se Dunia. Sepengetahuan beliau, kecamatan Depok merupakan kecamatan pertama kali di kabupaten Sleman yang memperingati hari cuci tangan se Dunia. Lanjut beliau dalam sambutannya, mengajak seluruh yang hadir memperingati hari cuci tangan se Dunia ini untuk mempraktekkan cuci tangan bersama-sama dengan benar. Dalam sambupatannya pula, beliau menjelaskan 6 langkah cuci tangan yang benar. Karena dengan cuci tangan, merupakan cara yang sederhana, mudah, murah dan bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit. Sebab, ada beberapa penyakit penyebab kematian yang dapat dicegah dengan cuci tangan yang benar, seperti penyakit Diare dan ISPA yang sering menjadi penyebab kematian anak-anak. Demikian juga penyakit Hepatitis dan Typhus, lanjut dalam sambutannya.

Selesai sambutannya, dilanjutkan peragaan cuci tangan oleh anggota Saka Bakti Husada (SBH) kecamatan Depok diikuti oleh seluruh audience yang hadir dalam peringatan tersebut. (AS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *