Sosialisasi Gizi Seimbang Kenalkan Isi Piringku, Atasi Stunting

Depok, 16/10/2019, rangkaian kegiatan peringatan hari cuci tangan sedunia di kecamatan Depok adalah sosialisasi gizi seimbang setelah melakukan cuci tangan di gedung Sasana Anglocitatama komplek kantor Kecamatan Depok. Narasumber sosialisasi gizi seimbang Dra. Hj. Sri Muslimatun, M.Kes  dalam paparannya, kegiatan seperti ini sangat perlu dikarenakan saat ini prevalensi stunting di kabupaten Sleman telah menurun tetapi perlu ditingkatkan dalam pemberian gizi seimbang agar tidak ada kasus stunting di kabupaten Sleman .

Lanjut Dra. Hj. Sri Muslimatun, M.Kes dalam paparannya, beliau mensosialisasikan kembali tentang “Tumpeng Gizi Seimbang” yang menggambarkan 4 prinsip gizi seimbang yaitu aneka ragam makanan sesuai kebutuhan, kebersihan, aktivitas fisik dan memantau berat badan ideal. Beliau berharap, audience yang mengikuti sosialisasi ini agar dapat mengiplementasikan dalam kesehariannya yang bertujuan untuk mengurangi angka stunting di kabupaten Sleman.

Peranan kader sangat diperlukan saat di dusun maupun di posyandu karena fungsi kader adalah menjadi tangan kanan petugas puskesmas, membuat menu gizi seimbang di posyandu serta dapat mensosialisasikan di masyarakat, imbuhnya. Tidak hanya itu, guru-guru dan lintas sektoral juga memiliki peranan penting terhadap gizi seimbang ini. Harapannya guru dan lintas sektoral dapat memberikan sosialisasi saat rapat forkompim maupun kepada orang tua wali murid, imbuhnya lagi.

Dalam closing statementnya beliau, penanganan stunting di wilayah, puskesmas tidak bisa sendiri namun harus ada  peranan lintas sektoral, kader serta guru. Beliau mengajak semua audience untuk menerapkan gizi seimbang di kesehariannya. (AS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *