Peduli TB, Desa Caturtunggal Melakukan Deklarasi TB

Depok (22/10/2019) bertempat di pendopo Puspadenta kantor desa Caturtunggal telah dilaksanakan deklarasi peduli TB desa Caturtunggal. Hadir pada pelaksanaan deklarasi peduli TB adalah kepala desa caturtunggal, lembaga desa Caturtunggal dan lembaga institusi pendidikan di desa Caturtunggal.

Agus Santoso, S.Psi kepala desa Caturtunggal dalam sambutannya, kegiatan seperti ini sangat penting karena di desa Caturtunggal masih banyak sekali penderita TBC yang tertutup. Harapannya dengan adanya deklarasi seperti ini masyarakat desa Caturtunggal dapat mendekati dan emberikan perhatian kepada penderita.

Gatot Subroto, AMK narasumber deklarasi peduli TB dalam paparannya, beliau menjelaskan masih banyak sekali penderita TBC di wilayah desa Caturtunggal. Hal ini perlu kerjasama antar lintas sektoral, kader kesehatan di wilayah serta pemong desa Caturtunggal. Lanjut beliau, saat ini Puskesmas Depok III sudah bisa melakukan pemeriksaan TBC sendiri dan memiliki poli khusus untuk penderita TBC dan pasien batuk >2 minggu.

“Tak hanya itu, pemeriksaan TCM (Tes Cepat Molukuler) pun telah dilakukan oleh Puskesmas Depok III guna untuk mempercepat penemuan kasus TBC”, imbuhnya.

Sejalan dengan dr. Novi kepala bidang P2PL dinas kesehatan kabupaten Sleman, beliau menjelaskan gejala penyakit TBC sampai dengan pengobatannya. Beliau menambahkan, penyakit TBC dapat muncul karena pola PHBS yang tidak di terapkan.

“Membuka jendela setiap pagi, tidak meludah sembarangan, menjemur kasur, melaksanakan etika batuk”, imbaunya.

Setelah selesai pemaparan materi, dilanjutkan deklarasi peduli TB desa Caturtunggal oleh ketua tim penggerak PKK desa Caturtunggal dan dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen. (AS)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *