Sudah Siapkah New Normal?

Update pasien covid-19 pertanggal 7 Juni 2020 di Indonesia pasien covid-19 positif sebanyak 31.186 dan pasien sembuh sebanyak 10.498 (Sumber: covid19.go.id). Pasien positif Covid-19 di DIY sebanyak 244 dan pasien sembuh sebanyak 183 (Sumber: corona.jogjaprov.go.id). Sementara itu, pasien positif Covid-19 di kabupaten Sleman sebanyak 95 dan pasien yang sembuh sebanyak 71 (Sumber: corona.slemankab.go.id). Data tersebut Update per tanggal 7 Juni 2020.

Berdasarkan data tersebut, pemerintah pusat telah mengeluarkan kebijakan-kebijatan maupun aturan yang bertujuan untuk menekan persebaran kasus Covid-19 di berbagai wilayah. Akhir-akhir ini telah beredar kebijakan baru yaitu NEW NORMAL yang sebelumnya pemerintah pusat telah mengeluarkan kebijakan PSBB untuk di beberapa wilayah namun belum berhasil menekan kasus Covid-19. Kebijakan new normal yang telah beredar di media sosial telah di salah artikan oleh masyarakat awam yaitu sebagai hari bebas covid, tidak ada kasus covid dan boleh keluar rumah secara bebas. Hal itu tidak di benarkan. Saat ini kasus covid-19 tetap ada namun akhir-akhir ini terjadi pelambatan kasus covid-19  di Indonesia maupun di kabupaten Sleman.

Lantas, apakah New Normal itu sebenarnya? New normal yaitu masyarakat harus menjaga produktivitas di tengah pandemi virus corona COVID-19 dengan tatanan baru tatanan baru untuk beradaptasi dengan COVID-19. Tatanan baru yang dimaksud adalah masyarakat dibiasakan untuk berpola hidup bersih dan sehat (PHBS). Karena saat ini salah satu cara untuk menekankan kasus Covid-19 harus di awali dari diri sendiri yaitu dengan meningkatkan produktivitas dan terbiasa berPHBS. Virus covid-19 dapat di cegah dengan cara yang efektif yaitu sesering mungkin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun. Selanjutnya, bagaimana menerapkan new normal di keseharian?

  1. Mencuci tangan sesering mungkin menggunakan air mengalir dan sabun.
  2. Membawa hand sanitizer saat bepergian.
  3. Menggunakan masker apabila saat di luar rumah.
  4. Hindari tempat kerumunan.
  5. Membawa bekal makan sendiri atau membawa alat makan sendiri.
  6. Membawa tumbler/botol minum sendiri.
  7. Membawa tisu basah maupun tisu kering.
  8. Mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari.
  9. Mengkonsumsi air putih minimal 2 liter/hari.
  10. Melakukan olah raga rutin minimal 30 menit/hari.
  11. Hindari kontak fisik dengan orang lain seperti bersalaman dan cipika cipiki.
  12. Membawa alat sholat sendiri.
  13. Tidak keluar rumah jika tidak mendesak dan segera pulang jika urusan sudah selesai.

New normal akan di berlakukan untuk masyarakat, instansi pendidikan, instansi tempat kerja, tempat umum, dan pusat perbelanjaan. Walaupun new normal belum di tetapkan di DIY, namun masyarakat diharapkan untuk menerapkan PHBS dalam kesehariannya. Semoga dengan kebijakan yang telah di keluarkan oleh pemerintah dapat menekankan kasus covid-19 di Indonesia khususnya untuk di DIY.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *